Sabtu, 22 November 2014

Lebih Enak Memulai Bisnis Saat Masih Jadi Karyawan

Lebih Enak Memulai Bisnis Saat Masih Jadi Karyawan

Saat ini, semakin banyak saja pengusaha yang membagikan pengalamannya melalui buku. Tidak harus menunggu hingga jadi konglomerat dulu baru membuat buku. 
Yang terpenting bukan lagi ukuran bisnis, tetapi lebih pada semangat berbagi pengalaman serta nilai-nilai entrepreneurship yang digaungkan. Terlebih, penerbit juga sudah memberi keleluasaan kepada banyak calon penulis yang berlatar belakang pengusaha untuk unjuk karya. Maklum, medan persaingan penerbitan buku semakin ketat. Alasan lain, buku-buku entrepreneurship punya penggemar tersendiri. Bahkan, tak sedikit dari buku-buku jenis ini yang sangat digemari oleh pembaca serta meraih predikat best seller.


Masbukhin Pradhana adalah salah satu di antaranya. Pengusaha yang bergelar Raja Voucher ini baru saja meluncurkan buku berjudul Cara Brilian Menjadi Karyawan Beromzet Miliaran (Elexmedia Komputindo, 2006). Judul buku yang sangat menggoda, memang. Terlebih bagi para orang gajian yang benar-benar ingin mandiri, punya penghasilan lebih, punya bisnis sendiri, dan akhirnya sungguh-sungguh jadi pengusaha.

Masbukhin lahir di Gresik, Jawa Timur, pada 23 Agustus 1974. Sejak SD dia sudah mencicipi rasanya menjadi “wirausaha”, misalnya dengan beternak ayam, jualan lilin dan kembang api, dan buka toko kelontong di rumah orangtuanya. Sampai saat kuliah dan menjadi pegawai negeri sipil di Malang, dia tetap suka berwirausaha. Gagal dan bangkit lagi, itulah tabiat pengusaha. Akhirnya, nasib membawanya menjadi karyawan sebuah perusahaan otomotif di Jakarta.

Masih sambil menekuni bidangnya sebagai karyawan bidang Teknologi Informasi, bersama istrinya dia melanjutkan kegemaran menjalankan berbagai bisnis atau usaha sampingan. Ternyata, bisnisnya jalan, terutama bisnis grosir voucher. Hingga akhirnya, dia berhasil memiliki enam gerai grosir voucher di berbagai lokasi dengan 17 karyawan, jadi mentor di sebuah komunitas bisnis, sambil sesekali menularkan ilmunya melalui artikel.

Dalam pandangan Masbukhin, saat yang tepat untuk membuka usaha justru pada saat orang masih jadi karyawan. “Sebab, kita bisa memanfaatkan tabungan untuk modal. Kalau bisnis belum jalan, kita masih punya gaji. Kalau bisnis sudah jalan, hasilnya bisa ditambahkan ke modal usaha. Atau gaji bisa dijadikan tambahan modal,” jelasnya.

Tepat ketika artikel-artikelnya diterbitkan menjadi buku pada Agustus 2006 lalu, Masbukhin mengundurkan diri sebagai karyawan. Kini, dia menekuni bisnis vouchernya, menjadi mentor bisnis, dan merambah dunia public speaking. Bukunya pun langsung cetak ulang pada bulan kedua peredarannya. Berikut petikan wawancara Edy Zaqeus dari Pembelajar.com dengan Masbukhin yang berlangsung di Plaza Semanggi, Jakarta.

Apa motif penulisan buku Cara Brilian Menjadi Karyawan Beromzet Miliaran ini?

saya orangnya suka sharing. 
Sharing berdasar pengalaman.
banyak orang yang mulai berbisnis itu harus jungkir balik. Termasuk saya.
Saya mulai berbisnis itu beberapa tahun selalu jungkir balik. Karena tidak pernah sharing pengalaman. Nggak gampang, karena saya harus mencari sendiri. Hasil pengalaman saya sendiri digabung dengan pengalaman bisnis beberapa senior, ternyata bisa mempercepat proses pencarian jati diri bisnis kita. Nah, saya tidak ingin masa coba-coba saya yang beberapa tahun itu dialami oleh orang yang masih dalam proses pencarian bisnisnya. Lahirlah buku ini. Mungkin, kalau saya dulu coba-cobanya tujuh tahun, mungkin bagi pemula yang membaca pengalaman kami bisa cuma satu atau dua tahun untuk mendapatkan bisnisnya yang cocok.

Seberapa banyak karyawan yang minat jadi orang kaya melalui wirausaha?

Saya lihat banyak sekali. Saya tidak bisa omong angka karena belum riset. Yang jelas, kalau kita lihat kondisi di luar, siapa sih orang yang kaya itu? Kebanyakan pengusaha, kan? Entah 80 persen atau 90 persen adalah pengusaha. Sekarang dibalik pertanyaannya, apa pun statusnya apakah karyawan atau masih mahasiswa, “Apakah Anda ingin kaya?” Pasti jawabnya ya, pingin, pingin dapat duit banyak. Tapi kalau ditanya lebih lanjut, “Anda mau nggak jadi pengusaha?” Jawabnya, “Oh, ntar dulu!” Ada yang alasannya tidak punya bakat, tidak punya modal, banyak alasanlah ya. Banyak alasan untuk tidak terjun ke dunia bisnis. Tapi mereka berminat jadi kaya.

Masalah apa yang biasa dihadapi karyawan yang baru terjun ke dunia wirausaha?

Pertama adalah waktu. “Wah, waktu saya habis untuk kantor, ndak mungkin saya mulai!” 
Kedua, soal modal, “Wah, modal saya ndak cukup untuk memulai suatu bisnis.” 
Yang ketiga, “Saya ndak punya bakat, ndak punya ilmunya, ndak punya pengalaman.”

Pengalaman Anda, bagaimana memulai usaha sambil tetap jadi karyawan?

Tadi ada tiga masalah ya. 
Misalnya kendala pengalaman, saya sudah memiliki sedikit pengalaman. 
Lalu saya ikut mentoring, belajar bisnis pada orang yang sudah berpengalaman. Bisa ke orangnya langsung, bisa belajar dari buku-buku, seminar. 
Kedua soal waktu, ya kita harus investasi waktu untuk memulai bisnis itu sendiri. Apakah mulai dari Sabtu dan Minggu. Misalnya sore hari juga bisa. Makanya saya berusaha tinggal dekat kantor, sehingga waktu tempuh pun singkat, kan? Sehingga saya punya waktu untuk mengontrol bisnisnya. Ketiga soal modal. Justru karena kita jadi karyawan, kan kita dapat gaji. 
Bisnis yang baru dimulai jarang yang langsung untung. Perlu proses. 
Di sinilah, kita sebagai karyawan diuntungkan. Karena ketika bisnis itu belum menguntungkan, cash flow belum positif, kita masih mendapatkan gaji. Paling nggak untuk nutup kekurangan. Syukur-syukur kalau kita sudah punya tabungan. 
Masak sih sudah bekerja dua tahun misalnya, kita ndak punya tabungan sama sekali? 
Dari tabungan itu bisa kita pakai buat modal usaha. Dan dari situ tiap bulan kita tambahkan modalnya.

Kuncinya, karyawan harus punya modal tertentu untuk memulai usaha?

Betul. Bisnis apa pun perlu duit. Berapa pun besarnya, itu tergantung bisnisnya. Cuman, duit modal ini bukan selalu punya kita. Kalau kita punya ide bisnis, dan kita mampu menjual ide tersebut kepada orang yang punya duit. Maka, kita bisa memulai bisnis ini bersama. Orang lain yang punya duit sebagai investor, kita bisa menjalankan operasionalnya.

Berarti minatnya yang harus besar dulu, bukan selalu soal modal?

Minatnya, betul! Minat itu berasal dari mana, tentu dari mindset kita, kan? 
Mindset itu dari mental, sehingga mentalnya harus dibentuk dulu. 
Mental pengusaha dengan mental karyawan itu beda, kan?

Saat masih jadi karyawan dan baru terjun ke bisnis, kesulitan-kesulitan apa yang Anda alami?

Awalnya saya mulai bisnis toko kelontong eceran itu. Tapi, kok untungnya sedikit. 
Lalu saya tambahi lagi, usaha yang lain. Sehingga setelah itu saya punya empat unit usaha, tapi tidak tahu profit terbesarnya dari mana. Nah, seiring berjalannya waktu saya semakin ngerti, oh ini effort-nya besar dapatnya besar. Yang ini effort-nya kecil hasilnya kecil, tapi bisa dikembangkan lagi menjadi lebih besar. Jadi saya harus memilih dan ada yang saya amputasi.

Waktu menghadapi kendala di awal merintis bisnis, apa yang Anda lakukan?

Saya berproses. 
Waktu saya sudah menjadi karyawan di Jakarta, saya patungan bisnis dengan teman-teman di daerah. Sayang bangkrut. 
Bikin bisnis lagi, restoran soto betawi, patungan berlima, tapi nggak ngangkat juga. 
Lalu saya analisis, mengapa tidak berhasil? 
Akhirnya saya harus ngerti, saya harus bisa, yaitu bisnis yang sekarang saya jalankan.

Sekarang Anda sudah sampai pada tahap berbagi pengalaman kepada orang lain. Oke, bagaimana ceritanya kok ada ide menulis buku ini?

Tadinya saya tidak kepikiran mau bikin buku. Dulu waktu kecil sih pernah bercita-cita jadi penulis. Waktu itu saya lihat, seorang penulis itu pasti orang yang betul-betul sekolah, terpelajar. 
Misalnya, yang nulis buku itu profesor. Keren banget, kan? 
Tapi, saya tidak punya keahlian ke sana. Walau saya punya background pers kampus dan nulis-nulis artikel. Tapi beda dengan Anda yang seorang wartawan misalnya, pasti menulis itu mahir sekali. Jadi, dalam menulis saya itu hanya bercerita tentang pengalaman saya. 
Sharing melakukan ini-itu dalam artikel-artikel kecil. Lama-lama saya kumpulin kok lumayan banyak, ya? 
Ada yang usul, jadikan buku saja. Lalu saya kelompok-kelompokkan, masing-masing kelompok saya kembangkan lagi, lalu disistematisasi menjadi sebuah buku.

Selain dari pengalaman sendiri, dari mana saja Anda mendapat ide untuk menulis artikel-artikel tersebut?

Saya kan jadi owner dua mailing list (milis). Yang paling gede itu Bisnis-Smart 850 member dan Voucher Grosir 350. Dan, sinergi dalam milis itu hebat sekali, tidak hanya dengan saya. Tapi antar member, saling memberikan support, saling memberikan semangat. Sampai ada orang Indonesia yang di luar negeri itu mengerti soal saya. Dia percaya saya dan sekarang dia jadi investor saya. Ndak pernah saya ketemu orangnya. Begitu dahsyatnya komunitas itu.

Sebelum jadi buku, artikel-artikel Anda terbit di mana saja?

Kebanyakan di komunitas maya. Ada di Purdiechandra.com, Swa.co.id, Usahaku.net, Pembelajar.com juga ada, dan terbanyak di situs saya sendiri, Masbukhin.com. Dulu ada juga artikel saya di majalah Bisnis Kita (Sudah berhenti terbit, red), majalah Duit, lalu tabloid Bisnis Uang (Sudah berhenti terbit, red), saya sebagai narasumbernya, juga tabloid Peluang Usaha.

Kendala dalam penulisan?

Waktu, konsentrasi, dan mood. 
Kadang-kadang kalau kita pas ngambek, itu nulisnya juga ndak nyambung. Waktu ya masalahnya, karena saya juga masih jadi karyawan, dan harus juga ngurusin bisnis. Kalau saya berpikir buku itu harus sesempurna mungkin, mungkin buku itu ndak akan terbit-terbit ya ha ha ha… Makanya saya perlukan seorang editor untuk finishing.

Bagaimana perasaan Anda setelah buku pertama terbit?

Saya surprise sekali! 
Saya tidak pernah membayangkan hasilnya akan sehebat itu. 
Memang, sejak awal saya memvisualisasikan, kalau punya buku akan begini-begini. Ternyata hasilnya lebih bagus. Kaver bagus. Dari segi editing jadinya juga lebih halus. Dan lebih terstruktur, karena ada grouping dan tugas-tugas untuk para pembaca. Bahasanya sederhana, bisa diikuti orang lain, dan saya yakin bisa. Buku ini isinya adalah pengalaman saya yang bisa ditiru orang lain. Kenapa saya sekarang keluar dari karyawan? Karena saya akan konsentrasi di bisnis saya. Tapi untuk memulai bisnis, ndak usah nunggu keluar dulu atau pensiun. Mulai saja sekarang. Tapi kalau Anda berpikir bisnis Anda sudah bagus, untuk masa depan Anda sudah cukup dan Anda ingin konsentrasi di situ, lalu Anda keluar ya tidak masalah.

Tanggapan keluarga atau rekan-rekan bisnis?

Kalau teman-teman di milis, buku ini sudah dinanti-nantikan. Gembar-gembornya sudah tiga sampai empat bulan yang lalu. Istri senang sekali. Teman-teman juga pada komentar karena melihat foto saya di buku itu dan sudah ada di toko-toko. Mereka semua ikut senang.

Sekarang Anda merambah dunia public speaking. Apa yang ingin Anda raih?

Saya orangnya memang suka tampil di depan umum. Ditambah dengan semangat saya untuk sharing, ditambah dengan pengalaman bisnis saya. Saya lihat, banyak juga orang yang butuh sharing langsung. Lewat buku saja tidak cukup. Sisi yang lain, masih banyak juga masyarakat yang malas baca. Ada tiga hal prioritas, saya sebagai entrepreneur, saya sebagai public speaker, dan ketiga saya sebagai penulis buku. Prioritas saya sebagai seorang entrepreneur. 
Misalnya, ada yang membutuhkan saya untuk sharing pengalaman, ya saya tidak akan menolak. Saya juga kepikiran, apakah memungkinkan membuat semacam sekolah bisnis. Itu akan menciptakan sebuah bisnis yang baru lagi.

Sudah merencanakan buku berikutnya?

Kalau buku yang pertama kan saya bicara kapan saat yang tepat untuk keluar kerja. Sambil mendalami mindset sebagai karyawan yang berbeda dengan menjadi pengusaha. Buku berikutnya, mungkin akan membuat lebih detail lagi langkah-langkah persiapan untuk mundur jadi karyawan dan menekuni bisnis. Baru kemudian bicara tentang prospek bisnis-bisnis yang ada saat ini. (sumber: pembelajar. com)

17 komentar:

  1. perhatian :::::

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
    dinamis dan cepat yang dapat diandalkan, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kita mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Jumlah pinjaman maksimum kita meminjamkan adalah 50.000.000.
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

    Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
    Kredit Usaha (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman Konsolidasi
    Kombinasi kredit
    Home Improvement
    Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
    Silahkan hubungi kami
    melalui e-mail zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  2. Saya Fatimawati, Saya menggunakan Waktu Suami untuk review memperingatkan SEMUA Rekan Saya MASYARAKAT INDONESIA. Siapa Yang Telah Terjadi di Sekitar Mencari Pinjaman, Andari Hanya Harus Berhati-hati. Satu-Satunya Tempat Dan Perusahaan Yang DAPAT menawarkan Pinjaman Andari Adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat Pinjaman Saya Dari mereka. Mereka Adalah Satu-Satunya Pemberi Pinjaman Yang Sah di internet. Lainnya SEMUA pembohong, Saya menghabiskan hampir 32 juta di serbi Pemberi Pinjaman Palsu. TAPI qualityloan Memberi Saya mimpi Saya Kembali. Suami Adalah Alamat email Yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email Pribadi Saya Sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Andari DAPAT berbicara DENGAN Saya Kapan Saja Andari inginkan. Terima kasih untuk review SEMUA mendengarkan permintaan Negara untuk review Saran Saya. hati-hati

    BalasHapus
  3. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  5. Halo
      semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak penipu di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. tolong bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan peminjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON yang sah, yang bertanggung jawab atas ALL GRANT.
    Mereka memberikan semua jenis pinjaman mulai dari Jumlah minimal 5.000 hingga 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Pound Inggris Besar (GBP)., Setelah Anda menghubungi mereka, mereka akan memproses pinjaman Anda untuk Anda, semua yang harus Anda lakukan hubungi ibu Elina di elinajohnson22@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi di WHATSAPP nya (+2348147739239).
    Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut Anda dapat menghubungi saya di email saya .... wahyunielvin@gmail.com.
    Harap diperhatikan bahwa hanya perusahaan induk yang dapat Anda dapatkan pinjaman, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman lainnya.
    Terima kasih, semoga Allah menjaga dan melindungi Anda semua .... Amin

    BalasHapus
  6. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  7. Wow saya tidak percaya ini, Nama saya Diah Lydia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang agar mudah berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda saya meminta pinjaman sekitar 100 juta di atas seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 12 juta tanpa pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk rumah kos, saya membayar hampir 12 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman baru yang dulunya dipinjamkan, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Nyonya Tricia Wilson, dan saya memohon 850 juta, saya pikir dia cerdas dan penipu, tapi Saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa pagar. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan daripada menjadi miskin.

    Jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Nyonya Tricia Wilson, melalui e-mail: triciawilsonloanfirm@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui e-mail: diahlydia73@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya dan Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera, dan saya merasa bahagia bahwa saya dan keluarga saya lagi. (Amin)

    BalasHapus
  8. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  9. Apakah Anda mencari pinjaman? Sudahkah Anda berpikir tentang cara mendapatkan akses ke pemberi pinjaman pribadi? Apakah bank Anda menolak Anda dari mendapatkan pinjaman dan Anda membutuhkan pembiayaan? Apakah Anda hanya perlu merestrukturisasi bisnis Anda dan membutuhkan pinjaman? Apakah Anda mencari pinjaman mahasiswa? Pinjaman untuk membeli rumah? Ini adalah layanan dari pemberi pinjaman swasta dengan profesionalisme yang baik dan bekerja dengan para ahli sebagai staf. Beroperasi dengan pengalaman pinjaman yang baik dengan lebih dari 14 tahun pengalaman pinjaman. Memberikan semua jenis pinjaman dan pembiayaan kepada individu dan perusahaan swasta. Tingkat bunga 3% dan pinjaman Anda adalah keberhasilan yang pasti bersama kami. Kunjungi kami di peacelenders@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
    Nomor Whatsapp: +1 (631) 960-9708

    Kami siap menyambut Anda dengan penerimaan yang baik.
    Salam.

    BalasHapus
  10. Saya Indriaty Manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp850.000.000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (magretspencerloancompany@gmail.com) Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (indriatymanirjo010@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Mia Fitriani, email: (miafitriani133@gmail.com).

    BalasHapus
  11. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka tetap maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: aryatheresia750@gmail.com

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: christymorrisloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  12. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  13. BERITA BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di GARY REYMOLDS LOAN FIRM.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  14. BERITA BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan kini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman sebanyak RM760,000 pada kadar faedah yang sangat rendah kira-kira 2%.

    Saya telah ditipu oleh penipu dalam talian bulan lepas, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk menamatkan semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya boleh mendapatkan syarikat pinjaman asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya mempunyai banyak bank dan syarikat kewangan untuk menghalang saya, tetapi semua ditolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang berkongsi kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan keyakinan dan dalam masa 2 jam, saya mendapat pinjaman, maka saya menyedari bahawa tidak semua syarikat pinjaman di blog itu benar-benar palsu kerana semua hutang saya telah dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk berkongsi kesaksian hidup saya kerana mereka memberi saya harapan lagi. Sila berhati-hati apabila mencari syarikat pinjaman kerana ada syarikat pinjaman palsu yang akan menipu anda dengan wang anda namun anda tidak akan mendapat pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui e-mel: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau anda masih boleh menjangkau ibu Rebacca melalui nombor WhatsApp: +14052595662.

    Anda masih boleh menghubungi saya melalui alamat e-mel saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati anda semua apabila anda mendapat pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga berkongsi berita baik agar orang tidak akan jatuh untuk syarikat palsu di mana-mana.

    BalasHapus
  15. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[ 60]1123759663
    Telephone..Number:[ 60]1123759663
    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[ 60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[ 60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  16. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    BalasHapus
  17. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus