Jumat, 27 Februari 2015

Sikap Pesimis Bisa Jadi Positif

Sikap Pesimis Bisa Jadi Positif

Kebanyakan dari kita cenderung berpandangan negatif terhadap sikap pesimis. Padahal, sikap pesimis Anda tidak senegatif yang Anda kira!

Julie Norem dari Universitas Wellesley, Amerika Serikat, menulis buku “The Positive Power of Negative Thinking”. Dosen psikologi ini menjelaskan mengenai defensive pessimism, di mana orang membayangkan kemungkinan yang terburuk, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal terburuk tersebut.

Contoh konkritnya bisa dilihat pada penelitian yang dilakukan oleh Frieder Lang dari Jerman yang menunjukkan bahwa orang dewasa dengan cara pandang yang lebih negatif cenderung lebih berhati-hati dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Sikap negatif Anda bisa memberikan dampak positif dengan cara:


Bersikap Spesifik

Bayangkan kemungkinan terburuk dengan spesifik, sehingga Anda bisa menentukan langkah terbaik untuk menghadapinya.

Pikirkan Semua Kemungkinan Yang Bisa Terjadi

Bayangkan semua kemungkinan buruk yang mungkin terjadi dengan logis demi menentukan langkah pencegahan yang terbaik.

Selektif

Jangan buang energi dengan bersikap pesimis dalam semua hal. Batasi sikap pesimis Anda pada hal-hal krusial saja.

Tak Perlu Curhat Berlebihan

Pesimis sih boleh saja, tapi tidak perlu mengeluhkan kekhawatiran Anda kepada orang terdekat terus menerus. Sikap ini bisa merugikan hubungan Anda dengan orang lain. Pada kenyataannya orang tak menyukai orang yang pesimis, terutama kalau mereka merasa wajib menghibur Anda dengan kata-kata positif setiap saat.

Cara pandang optimis yang berlebihan, yang menganggap bahwa ‘hidup itu indah’ bisa berbahaya. Daripada berpikir bahwa ‘hidup itu indah’, defensive pessimism menggangap bahwa ‘hidup itu buruk, tapi bisa menjadi indah’. Sikap ini mencegah Anda merasa terlalu percaya diri.

Clint Eastwood pernah mengatakan, “If you think it’s going to rain, it will.” Tapi setidaknya dengan defensive pessimism, Anda sudah siap dengan payung Anda dan Anda tak akan kehujanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar