Sabtu, 28 Februari 2015

Apa yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur?

Apa yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur?

Apa yang membedakan orang yang sukses dengan orang lainnya?” 
Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas dalam pikiran Anda. Beberapa hal jadi pembeda biasanya adalah sifat dan karakter yang membuat mereka jadi sukses, misalnya berani mengambil resiko, mudah beradaptasi, tidak mudah menyerah, dan karakter lainnya. Tapi bisa jadi kebiasaan atau gaya hidup seseorang juga membantunya mencapai kesuksesan.
Kebiasaan orang sukses saat bekerja sudah cukup sering dibahas di berbagai artikel.
Tapi bagaimana dengan kebiasaan orang sukses di waktu senggangnya, atau lebih tepatnya di malam hari sebelum dia tidur? 
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur oleh beberapa tokoh terkenal:
Apa yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

1. Mengecek dan membalas email

Bukan berarti Anda harus kembali sibuk bekerja, lho. Kalau email yang Anda terima tidak perlu ditindaklanjuti segera, Anda bisa mengirim email balasan berupa notifikasi yang memberitahukan pengirim email bahwa Anda telah menerima emailnya dan akan menindaklanjuti email tersebut keesokan harinya. COO Facebook, Sheryl Sandberg, biasa melakukan hal ini sebelum dia mematikan handphone-nya dan beristirahat.


2. Merencanakan kegiatan esok hari

Periksa jadwal yang akan Anda lakukan keesokan harinya, lalu siapkan hal-hal yang akan Anda perlukan untuk melaksanakan jadwal tersebut. Kalau perlu, tuliskan prioritas hal yang harus Anda kerjakan dan capai. Kebiasaan ini selalu dilakukan oleh Kenneth Chenault, CEO American Express.

3. Bekerja

Beberapa orang sukses bahkan tidak berhenti bekerja hingga beberapa saat sebelum mereka tidur, karena mereka lebih suka bekerja di malam hari. Beberapa tokoh yang suka melakukan kebiasaan ini adalah Barack Obama yang suka melakukan conference call dan staff senior-nya pada pukul 11 malam, Kate White (mantan Editor in Chief majalah Cosmopolitan) yang sering meng-edit majalahnya dan menulis untuk blog-nya di malam hari, dan Keval Desai (mantan Product Director Google) yang tidak akan tidur sampai pekerjaan yang dia lakukan telah selesai.

4. Mengevaluasi hari

Sebelum tidur, coba pikirkan apa yang telah Anda lakukan hari itu. Apakah Anda berhasil mencapai target Anda atau tidak? Mantan presiden Amerika Serikat, Benjamin Franklin, termasuk mereka yang selalu melakukan hal ini sebelum tidur. Dia akan bertanya pada dirinya sendiri, “Hal baik apa yang telah saya lakukan hari ini?”

5. Meluangkan waktu dengan teman dan keluarga

Orang yang sukses tahu kapan harus meluangkan waktu untuk keluarga dan orang terdekat mereka. Mereka menyadari bahwa kesuksesan tidak ada artinya tanpa teman dan keluarga. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh Barack Obama yang berusaha meluangkan waktu untuk anak-anaknya sebelum dia meneruskan pekerjaannya dan kemudian tidur.

Walaupun berbeda-beda, tapi kalau diperhatikan sebenarnya tiap kebiasaan yang disebut di atas memiliki kesamaan, yaitu membuat pelakunya merasa nyaman sebelum tidur. Bahkan mereka yang bekerja sebelum tidur pun melakukannya karena hal tersebut membuat mereka merasa nyaman dan pikiran lebih tenang, sehingga mereka bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Tapi tentu akan lebih baik lagi kalau kebiasaan tersebut membantu produktivitas kerja Anda, kan?

Lalu bagaimana dengan Anda?
Kebiasaan apa yang biasa Anda lakukan sebelum tidur?
baca juga:
demikian sekilas tentang Apa yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar