Jumat, 27 Februari 2015

Setiap Remaja Bisa Jadi Pengusaha Sukses

Setiap Remaja Bisa Jadi Pengusaha Sukses

Banyak orang ingin menjadi pengusaha, ingin punya bisnis sendiri, tapi tidak tahu harus mulai dari mana, tidak tahu bagaimana caranya. Takut gagal, takut rugi. Dulu aku memulai usaha, tanpa panduan sama sekali, hanya berdasarkan naluri, banyak melakukan kesalahan. Karena itu aku ingin membagikan pengalamanku supaya, kamu mengerti dasar-dasar dan prinsip bisnis, sehingga kamu tidak perlu mengulang kesalahan yang banyak dilakukan pemula seperti aku dulu. Terlebih supaya kamu punya keyakinan bahwa siapa saja bisa kok menjadi pengusaha, temasuk kamu.

Man holding open signSetelah dengan sangat sulit membuat keputusan berhenti sebagai professional yang mapan disebuah perusahaan kosmetik internasional, akhirnya aku memberanikan diri mewujudkan impianku sejak remaja yaitu punya usaha sendiri. Dimulai dari rumah hanya dengan modal kartu nama, telpon rumah, hand phone, seperangkat komputer dan printer. Dan tentu saja KEBERANIAN. Ya itu saja.

Aku pikir dengan pengalamanku sebagai professional pastilah bisnisku bisa lebih cepat berhasil. Ternyata bisnis ku yang pertama yaitu usaha distribusi kosmetik lokal, gagal total. Sampai aku harus kembali bekerja sebagai professional untuk mengembalikan rasa percaya diri dan terutama rasa senang bisa punya uang sendiri lagi (maksudnya gaji) setelah sekitar 6 bulan bisnis tidak menghasilkan uang.

Aku kembali ke dunia kerja dengan bekerja disebuah perusahaan berbasis di Singapura, yang membawaku ke tingkat pemahaman yang lebih baik dalam melakukan bisnis. Ternyata hasrat untuk tetap melanjutkan usaha tidak pernah padam. Sekali lagi aku memutuskan berhenti bekerja dan kembali mulai melakukan bisnis . Atasanku di perusahaan aku bekerja sebelumnya, yang sekaligus juga adalah mentorku, merekomendasikan supaya dalam memulai usaha sebaiknya aku mencari mitra usaha. Menurut beliau akan lebih mudah bagiku untuk mulai usaha bersama dengan mitra dari pada melakukannya sendirian. Ternyata usulan itu benar bermanfaat. Maka didalam buku ini aku juga merekomendasikan hal yang sama. Upayaku yang pertama adalah mencari dan meyakinkan mitra usaha yang mau bekerja sama denganku. Syukurlah seorang James Gwee, motivator, pembicara seminar, yang belakangan juga menjadi penulis buku best seller, pembicara paling favorit di Indonesia, bersedia membantuku

Kami mulai dengan membuat pelatihan Grab Your Audience (GYA), pelatihan Public Speaking and Presentation Skills, pelatihan yang di tujukan bagi para eksekutif yang mau meningkatkan kemampuan berbicara didepan umum. Dimulai dengan kelas yang hanya berisi 8 peserta, sampai kami berhasil mengadakan even bagi 20 000 peserta di 12 kota besar di Indonesia hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

Kemudian lanjut memperbesar bisnis dengan menyediakan juga pelatihan bagi remaja yang kami namai Champion Teens. Program ini juga sudah dijalankan bagi 50.007 remaja di 13 kota di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun.

Sampai pada titik ini kami merasa sudah saatnya untuk melalukan sesuatu yang lebih berarti bagi lingkungan dan bagi bangsa. Kami wujudkan dalam pelatihan wirusaha bagi siswa SMK terutama dari kalangan pra sejahtera yang kami namai CARE for The Nation. Kami targetkan dalam kurun waktu 3 tahun kami akan membantu 100.000 siswa. Mereka ini adalah mutiara-mutiara yang belum dipoles, yang juga anak bangsa yang berhak dan perlu diberikan jalan untuk menjadi pribadi yang mandiri dan sukses dan bermental juara.

Tulisan ini dipersembahkan untuk anak bangsa sebagai panduan awal untuk berkarya dalam bisnis sekaligus memberi bagi lingkungannya.
Siaplah dengan perjalanan yang panjang,

belajar hal yang sebelumnya kamu tidak pernah tahu,
wujudkan impian mu menjadi kenyataan,
bermimpi lebih banyak lagi impian yang kamu tidak pernah mimpikan sebelumnya,
capailah hal yang tak pernah kamu bayangkan bisa tercapai
berlarilah lebih cepat dari yang pernah kamu lakukan.
Bersiaplah untuk merasakan perubahan yang drastis dalam hidupmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar