Sabtu, 18 Juli 2015

Godaan ego

Godaan terbesar dr belajar spiritual adalah keangkuhan, merasa diri lebih suci dari orang lain, merasa diri lebih benar dan tak mau menerima pandangan orang lain.

Sulitnya menerima perbedaan konsep dan cara pandang orang lain, sering merubah pikiran kita pada rasa tidak senang akan pendapat orang lain.
Dalam dunia spiritual, pengendalian diri paling utama, bisa menjadi tolak ukur, itu menandakan pencapaian dalam belajar dan pendakian sudah pada tahap yang hampir mencapai puncak.

Sering kali kita akhirnya terjerembab dalam perangkap kesombongan spriritual.
Saya lebih dari kamu.
Mari kita mulat sarira sareng sami
Karena perangkap ini juga bisa mengenai kita

Jika saya marah... saya sadar bahwa saya marah
Tapi jika saya angkuh... saya tidak sadar bila saya sombong
Karena perangkap kesombongan itu sangat halus... jadi berhati hatilah.

Bagaimana dgn mereka yang tidak sadar sedang marah ??

Sudah pasti pula mereka tidak sadar sedang menyombongkan diri ????

Tutur kata halus tidak akan menghilangkan keangkuhan, begitu juga, pitutur ayu, jika ada niat lain yang tersirat.

Merenung ke dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar