Sabtu, 28 Februari 2015

Tips Single Parent : Asuransi Jiwa WAJIB Hukumnya!

Tips Single Parent : Asuransi Jiwa WAJIB Hukumnya!

Menjadi orang tua tunggal atau single parent tentunya tidak pernah menjadi impian manusia mana pun. Mengasuh anak-anak akan jauh lebih mudah jika dilakukan berdua, secara mental, emosional maupun financial. Namun ketika perpisahan tak lagi terelakkan, Anda harus mampu bangkit dan melanjutkan kehidupan terutama dalam hal finansial.

Dengan tanggung jawab yang “sedikit” lebih besar, satu hal yang harus dipahami oleh semua orang tua tunggal adalah : proteksi. Andalah satu-satunya tempat bergantung yang dimiliki oleh anak-anak Anda. Apa yang akan terjadi pada anak-anak Anda jika tiba-tiba terjadi sesuatu kepada Anda? Siapakah yang akan membeli makanan serta menyekolahkan mereka? Inilah alasan utama mengapa Anda WAJIB memiliki asuransi jiwa. Asuransi jiwa akan memproteksi anak-anak Anda jika terjadi sesuatu terhadap Anda.

Berikut adalah beberapa tips utama dalam mengatur asuransi jiwa Anda :


Ambil Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini adalah jenis asuransi yang paling simple dari keseluruhan tipe asuransi yang beredar di pasaran, dan juga yang paling murah! Sebagai orangtua tunggal, Anda tentunya ingin memastikan anak-anak terjaga terutama dalam masa kanak-kanaknya. Dengan asuransi ini, Anda bisa mengatur periode waktu perlindungan secara spesifik. Jika Anda berhasil melewati periode perlindungan yang Anda tentukan, Anda masih dapat memperpanjangnya lagi kok.

Salah satu kelebihan lain dari asuransi jiwa berjangka ini adalah Anda bisa langsung memilikinya secara instan, tanpa pemeriksaan medis maupun proses aplikasi yang berbelit-belit.

Menentukan Jangka Waktu

Dalam mementukan jangka waktu asuransi jiwa Anda, perhitungkan usia anak-anak dan kemampuan Anda membayar premi bulanan. Pilihlah jangka waktu dimana anak Anda kira-kira sudah mandiri secara financial. Jika Anda memiliki KPR, tentukan jangka waktu asuransi setelah jangka waktu KPR selesai.

Lebih Cepat, Lebih Baik

Asuransi jiwa berjangka jauh lebih murah saat Anda masih muda. Kunci untuk mendapatkan asuransi jiwa yang murah adalah memastikan proteksi di usia muda saat kesehatan Anda masih bagus. Kebanyakan perusahaan asuransi akan meningkatkan premi 6 bulan sebelum ulang tahun Anda. Jadi jangan tunggu sampai Anda meniup kue ulang tahun, beli sekarang!

Asuransi dari Perusahaan Bukanlah Jaminan
Jangan menggantungkan diri sepenuhnya dengan asuransi jiwa dari perusahaan tempat Anda bekerja, Anda tetap harus memiliki polis sendiri. Kenapa? Karena saat Anda meninggalkan pekerjaan (baik secara sukarela ataupun karena PHK), asuransi jiwa tidak akan mengikuti Anda. Akan lebih baik jika Anda membeli asuransi jiwa berjangka yang akan melindungi anak-anak Anda apapun yang terjadi dalam pekerjaan Anda.

Jangan Keterusan

Ambillah premi yang Anda perlukan, jangan kurang dan yang paling penting jangan berlebihan. Toh Anda hanya perlu memastikan bahwa anak-anak terjaga dengan baik jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada diri Anda. Tidak perlulah membuat mereka menjadi ahli waris yang bergelimang uang . Perencana keuangan independen biasanya merekomendasikan untuk membeli asuransi dengan uang pertanggungan 6 sampai 10 kali pemasukan tahunan Anda.

Cara Bayar itu Ngaruh lho!

Banyak perusahaan asuransi jiwa yang bersedia memberikan Anda diskon untuk pembayaran premi setahun di depan, atau memperbolehkan Anda mendebit rekening setiap bulan. Selalu tanyakan ada program promo apa yang Anda bisa dapatkan.

Kaji Ulang Polis Anda

Pastikan selalu mengkaji ulang asuransi jiwa Anda paling tidak setiap tiga tahun. Jika keadaan Anda berubah; misalnya Anda tidak lagi bekerja di lapangan namun bekerja di balik meja yang resikonya lebih rendah; tanyakan apakah premi yang mereka miliki bisa lebih rendah. Jika Anda berkeinginan untuk mengganti polis, pastikan Anda memberikan waktu yang cukup bagi polis baru untuk mulai berlaku sebelum membatalkan polis lama. Dengan demikian, tidak akan ada waktu dimana Anda tidak terproteksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar