Jumat, 27 Februari 2015

Kenapa Bekerja dari Rumah itu Menarik?

Kenapa Bekerja dari Rumah itu Menarik?

Pesatnya perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Pesan tak hanya bisa terkirim melalui tulisan seperti SMS atau email atau secara audio melalui telfon, tapi bisa menyerupai komunikasi langsung (face-to-face) dengan teknologi seperti Skype. Teknologi ini tentu semakin mempermudah pekerjaan Anda. Dengan alat yang tepat serta jaringan yang kuat, semua pekerjaan pun bisa dilakukan oleh beberapa orang yang terpisah oleh jarak ribuan kilometer.

Dengan bantuan teknologi ini pula semakin banyak orang yang memilih untuk melakukan telecommuting atau telework alias bekerja di rumah, sehingga mereka tak perlu berangkat ke kantor untuk melakukan pekerjaan mereka. Bagi sebagian orang, pekerjaan ini mungkin tampak membosankan, karena pemandangan yang dilihat setiap hari hanyalah ruangan kamar atau ruang kerja di rumah. Tapi coba kita simak dulu beberapa kelebihan dari bekerja di rumah berikut ini:

1. Hemat waktu dan biaya transportasi

Kalau Anda menghabiskan waktu 2 jam tiap hari kerja untuk berangkat dan pulang kantor, maka total dalam 1 tahun Anda akan menghabiskan sekitar 22 hari di jalanan! 
Belum lagi uang yang harus dikeluarkan untuk biaya bensin atau transportasi umum yang harus dikeluarkan untuk berangkat dan pulang kerja setiap hari. Kalau Anda bekerja dari rumah, waktu dan uang Anda pun tak lagi terbuang. Selain itu, coba bayangkan jumlah energi dan BBM yang dihemat kalau semakin banyak orang yang bekerja dari rumah?


2. Tak ada kode berpakaian

Tidak menyukai kebijakan kantor yang mengharuskan karyawan untuk memakai seragam atau kode berpakaian tertentu? 
Saat bekerja dari rumah, Anda bebas bekerja menggunakan pakaian apapun yang Anda inginkan. 
Masih menggunakan piyama saat bekerja? Bisa saja kalau Anda mau!

3. Bekerja dan mengawas anak

Tak sedikit orang tua yang merasa tak enak hati dan was-was saat meninggalkan anak di bawah pengawasan pembantu rumah tangga. Kalau Anda bekerja dari rumah, Anda bisa bekerja sambil tetap mengawasi anak Anda.

Tertarik untuk mencoba bekerja di rumah? 
Tapi tentu saja, bekerja dari rumah juga punya tantangan yang harus diatasi oleh para teleworker. 
Tantangan utama adalah soal disiplin. Bekerja di rumah berarti tak ada atasan atau rekan kerja yang mengawasi Anda, sehingga godaan untuk meninggalkan rencana kerja Anda demi menonton TV atau tidur siang jadi semakin terasa. Karena itu, untuk bisa bekerja di rumah dengan baik, Anda harus bisa menentukan pola dan jadwal kerja yang efektif, serta menjalankan jadwal dan rencana kerja yang telah Anda buat tersebut. Kalau Anda disiplin, produktivitas kerja Anda tak akan terganggu walaupun Anda bekerja dari rumah.

Saat ini, perusahaan yang memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk bekerja dari rumah memang belum banyak. 
Tapi kalau Anda berminat untuk mencoba teleworking, mungkin Anda bisa memberikan saran tersebut pada atasan Anda? 
Atau kalau Anda memiliki perusahaan kecil sendiri, apakah Anda akan memberikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk melakukan teleworking?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar