Rabu, 19 November 2014

Kenapa kita perlu asuransi?

Kenapa kita perlu asuransi?

Saya rasa anda pasti udah tau kenapa kita perlu punya asuransi, entah itu asuransi jiwa, kesehatan, kebakaran dll. Berikut ini saya sampaikan alasan perlunya kita punya asuransi:

  • mungkin saja kecelakaan menghampiri anda saat anda sedang menikmati perjalannan anda (lagi asik liat cewek cakep kaleee…. Eh ktabrak…)
  • mungkin juga kita yang lagi santai, tapi orang lain yang menabrak kita…

Nah..., sudah ngerti khan kenapa kita harus punya asuransi?

Ini Alasan Logisnya, Kenapa Asuransi itu Penting?

Ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat membuat perencanaan keuangan keluarga, yaitu anggaran dana untuk kepemilikan asuransi. Seorang kepala keluarga setidaknya bisa memberikan perlindungan kepada anggota keluarga lainnya, salah satu contohnya seperti bencana alam yang belakangan sering terjadi. Tetapi fakta ini justru kurang dianggap penting.


Tanpa sadar, kita seringkali mendahulukan untuk mengasuransikan mobil, motor, atau rumah kita terlebih dahulu. Alasannya jika kita kehilangan kendaraan, bisa segera diganti dengan yang baru. Sedangkan jiwa dan kesehatan justru dianggap tidak perlu. Lalu bagaimana kalau hilang?

Masih banyak alasan logis lainnya yang menjelaskan kenapa asuransi jiwa dan kesehatan itu penting, simak saja beberapa penjelasan pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan berikut ini:
  1. Musibah Datangnya Tak Terduga. Musibah datang kepada siapa saja, bahkan mereka yang masih muda dan sehat. Asuransi melindungi nasabahnya dari musibah seperti kecelakaan, penyakit berat yang bisa menyebabkan masalah keuangan akibat pencari nafkah tak mampu lagi bekerja menghidupi keluarga.
  2. Biaya Kesehatan Terus Meningkat. Menurut Global Medical Trends Report dari Towers Watson, rata-rata biaya pengobatan di Indonesia naik hingga 13,55 persen per tahun. Padahal rata-rata pendapatan masyarakat hanya naik rata-rata pendapatan masyarakatnya hanya naik 1,2 persen per tahun. Dengan kata lain, kenaikan biaya kesehatan tidak sebanding dengan kenaikan gaji karyawan.
  3. Kematian Adalah Hal Yang Pasti. Kematian adalah hal yang tak bisa dihindari. Hanya waktunya saja yang tidak bisa diperkirakan manusia. Bila penafkah keluarga meninggal dunia secara tiba-tiba, asuransi melindungi keluarga dari masalah keuangan akibat hilangnya pemasukan keluarga.

Mungkin Anda merasa bahwa saat ini Anda masih muda dan sehat dan belum membutuhkan asuransi. Atau mungkin Anda merasa belum memerlukan asuransi jiwa karena belum memiliki anak walau sudah menikah? Padahal, semakin muda Anda memiliki asuransi, maka premi asuransi yang perlu Anda bayar juga akan semakin ringan.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa premi asuransi terasa seperti ‘membuang uang’, karena manfaatnya tidak langsung terasa. Tapi yang Anda dapatkan dari asuransi adalah perlindungan dan rasa aman. Cepat atau lambat, Anda akan merasakan manfaatnya.

Berikut ini tips bagi mereka yang tertarik untuk memiliki asuransi:

Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan sangat dibutuhkan terutama untuk wiraswastawan dan pekerja informal yang tidak memiliki jaminan kesehatan dari suatu perusahaan atau instansi pemerintahan.

Seorang Wiraswasta dan Pekerja seperti saya kalau sampai sakit atau cacat karena kecelakaan akan mengalami banyak kerugian keuangan/finansial karena harus menanggung biaya pengobatan dan tidak bisa bekerja mencari nafkah. Lain halnya jika seseorang bekerja di suatu perusahaan atau jadi pegawai negeri, mereka biasanya mendapatkan jaminan kesehatan yang akan menanggung biaya jika sakit dan gaji bulanan tetap dibayarkan. (Tapi tidak semua perusahaan menyediakan jaminan kesehatan yang layak lho)

Sebelum menentukan Produk Asuransi apa, dari perusahaan asuransi mana saya sangat menyarankan untuk membandingkan berbagai produk, tipe produk dari beberapa perusahaan Asuransi. Jangan terburu-buru untuk membeli produk asuransi tanpa memahami dengan sejelas-jelasnya hak dan kewajiban jika kita ikut suatu produk asuransi.

Beberapa tips dari saya untuk memilih produk asuransi :

  1. Tentukan manfaat perlindungan apa saja yang kita butuhkan.
  2. Cari informasi produk-produk asuransi sesuai kebutuhan kita dengan mengumpulkan brosur dari berbagai perusahaan atau mencari informasi di website perusahaan-perusahaan asuransi.
  3. Tanyakan kepada agen secara lebih detail tentang produk-produk tersebut secara menyeluruh sampai detail perhitungan alokasi dana yang kita bayarkan untuk apa saja
  4. Jangan terlalu percaya dengan apa yang dikatakan agen asuransi, karena mereka belum tentu paham betul dengan produk yang mereka tawarkan.
  5. Mintalah dibuatkan dicetakkan ilustrasi manfaat produk asuransi, premi yang harus dibayarkan dan pengalokasian premi yang dibayarkan itu ke mana saja.
  6. Pelajari isi ilustrasi di rumah dengan santai dan seksama, jangan buru-buru mengambil kesimpulan, tanyakan kepada yang lebih tahu jika ada yang belum jelas.
  7. Bandingkan produk-produk dari berbagai perusahaan asuransi, mana yang memberikan manfaat paling besar dengan premi yang paling murah, namun cari tahu juga info perusahaan tersebut apakah bonafid atau tidak.
  8. Jangan hanya berpatokan pada penghargaan asuransi terbaik dari suatu majalah, tetapi anda perlu benar-benar tahu cara perhitungan biaya asuransi itu.
  9. Tentukan produk asuransi pilihan anda setelah semuanya anda benar-benar pahami.
  10. Setelah menentukan dan memutuskan membeli suatu produk asuransi kita akan menerima polis asuransi yang berisi perjanjian yang mengikat antara nasabah dan perusahaan asuransi, pelajarilah lagi isi polis, biasanya nasabah diberi waktu 14 hari kesempatan untuk membatalkan polis tersebut.

Itu tadi beberapa tips dari saya agar anda tidak menyesal suatu hari jika membeli produk asuransi tanpa memahami betul-betul hak, kewajiban dan perbandingan dengan produk lain.

Asuransi? Amankah?

Banyak orang takut mengikuti asuransi alasannya :

  • Apakah uangku aman ? atau bangkrut?
  • Aku takut waktu klaim tidak dibayar
  • Aku takut uangku dilarikan

Jawabannya :
Tidak segampang itu, Asuransi Profesional sekaliber Prudential yang berpengalaman lebih dari 150 tahun dan di Indonesia sendiri sudah hampir 10 tahun telah mendapat kepercayaan yang paling besar, terbukti pada tahun 2008 ini Prudential memperoleh penghargaan sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik dengan asset lebih dari 7.5 Triliun. Sehingga tidak jarang banyak agency asuransi lain iri dan sering menjelekan Prudential baik itu media offline maupun ONLINE.

Maka tidak usah khawatir Prudential tidak mampu untuk membayar kalim anda. Bahkan Prudential PLC yang mengelola dana lebih dari US$ 510 miliar ( data per 30 Juni 2008 ) siap memberikan bantuan.

Perlu diketahui di Bali sendiri,
Prudential rata-rata perbulan sampai bulan Oktober 2008 telah membayar sebanyak 2000 Klaim (Klaim kesehatan dan kematian) sedangkan Perusahaan Asuransi lain paling banyak membayar sampai 500 klaim tiap bulannya.

Prudential memiliki system yang profesional dalam pembayaran, Uang nasabah tidak bisa dilarikan oleh agennya karena nasabah akan mendapatkan rekening koran setiap bulan, 6 bulan atau setiap 1 tahun tergantung premi yang diambil. Direkening tersebut nasabah akan mengetahui berapa sudah premi yang disetor dan nilai tunai yang ada. nasabah juga dapat mengetahuinya melaui media online/internet.
Nasabah bebas menyetor preminya melaui tunai, transfer bank, ATM atau kartu kredit.
PT. PRUDENTIAL LIFE Indonesia sampai Juni 2008 memiliki Rating tingkat kesehatan perusahaan yang tinggi ini, hal ini dibuktikan dengan Risk Based Capital (RBC) sebesar 215% masih jauh diatas yang ditetapkan pemerintah Indonesia ( Ketentuan Departemen Keuangan) yang hanya sebesar 120%. dan terus berkembang hingga sekarang.

jadi apa yang harus kita risaukan?
Artikel yang terkait dengan Asuransi:
mari kita Sayangi dan Cintai keluarga kita dan pastikan salah satu bukti cinta kita dengan ikut Asuransi

Info lebih lanjut klik >> di-SINI

Mari bangun ekonomi keluarga dengan perencanaan dan perlindungan 
Prudential - Always Listening-Alwas Understanding
Untuk info dan konsultasi mengenai asuransi yang tepat buat anda lebih lanjut silahkan hubungi kami di CONTACT USSemoga anda dapat menarik manfaat dari tulisan ini tentang Kenapa kita perlu asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar