Sabtu, 22 November 2014

Pensiun dari Sekarang, mari persiapkan!

Pensiun dari Sekarang, mari persiapkan!

Pensiun dari sekarang merupakan impian dari setiap orang.
Setiap orang pasti akan pensiun, dan berapapun usia Anda sekarang ini, pensiun adalah momen yang akan Anda hadapi. Karena pensiun adalah suatu kepastian maka seyogyanyalah setiap orang mempersiapkan diri untuk memasuki era baru dalam kehidupan itu. Persiapan psikologis, mental-spiritual, kesehatan dan tentu saja finansial.
Merupakan pertanyaan penting bagi seluruh karyawan:
  • Apakah kita pernah berpikir tentang pensiun?
  • Apakah Anda khawatir memasuki masa pensiun?
  • Bagaimana Anda mengelola keuangan di saat pensiun di tengah gejolak inflasi dan pajak yang mengurangi daya beli?

Untuk dapat menjalani masa pensiun dengan baik, diperlukan persiapan, salah satunya adalah persiapan di bidang keuangan.

Dana yang dimiliki pensiunan harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan hasil yang lebih besar untuk membiayai kebutuhan hidup pensiunan, khususnya untuk pemeliharaan kesehatan yang semakin hari semakin mahal. Sumber dana pensiunan biasanya berasal dari Jamsostek, dari program dana pensiun perusahaan dan juga tabungan pribadi.

Para ahli menyatakan bahwa hal-hal yang mengancam pensiun itu jauh lebih serius daripada yang seringkali dipikirkan orang. Masalah keluarga yang berakhir dengan perceraian, masalah berhenti bekerja (karena pensiun) dan masalah kesehatan, seperti diabetes, stroke dan gangguan jantung, merupakan ancaman yang berbahaya bagi para pensiunan.

Dalam hubungan ini perlu diperhatikan beberapa nasihat berikut:

  1. Menabunglah sebelum datang masa sempitmu, Jangan tunda, mulailah menabung sekarang juga untuk pensiun nanti.
  2. Tentukan target yang realistis: Perkirakan berapa besar dana yang akan Anda dan keluarga butuhkan untuk pensiun nanti.
  3. Asuransi: Proteksi diri dan keluarga Anda dengan asuransi untuk kesehatan dan cacat. Karena tanpa asuransi kita patut bertanya pada diri kita, apakah dana pensiun yang kita himpun akan cukup membiayai perawatan dan pengobatan jika sakit?
  4. Jagalah kesehatan: dengan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (regular medical checkup) dan mencari cara untuk menghilangkan stress. Kesehatan fisik dan mental pensiunan biasanya semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia, dan ini tentu memerlukan dana yang semakin besar untuk pemeliharaan dan perawatannya.
  5. Investasi Dini Kelebihan dana sekarang bisa kita alokasikan untuk investasi apapun bentuknya 
  6. Jagalah keutuhan keluarga Anda.
  7. yang lebih penting BERDOA

trus..

  • Bagaimana dengan kita sekarang?
  • Apakah kita sudah mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun yang mau tidak mau akan datang?
  • Bagaimana persiapan anggota keluarga dalam menyikapi datangnya masa pensiun Anda?
  • Apakah rencana Anda di masa pensiun nanti?
  • Kekhawatiran apa sajakah yang Anda hadapi ketika dihadapkan dengan masa pensiun?
  • Lebih jauh lagi, jenis investasi apakah yang cocok bagi Anda di masa pensiun?
  • Dan jenis usaha apakah yang cocok untuk mengisi hari-hari pensiun Anda nanti?
  • Siapkah kita?

Menabung untuk Perlindungan Keluarga

Menabung untuk perlindungan keluarga sangatlah perlu. Bisa saja, tiba-tiba si kecil terserang demam berdarah. Jutaan rupiah harus disediakan untuk biaya rumah sakit untuk perawatan dan pengobatannya. Beruntunglah Anda yang memiliki asuransi kesehatan.

Hidup memang penuh risiko alias serba tidak pasti. Asuransi memang suatu cara untuk menangani atau mengantisipasi risiko-risiko di dalam hidup. Pada kenyataannya masyarakat kita masih banyak yang belum melek masalah asuransi kesehatan. Bahkan, tidak sedikit yang beranggapan ikut asuransi kesehatan sama dengan uang hilang!
“Anggapan seperti ini jelas-jelas keliru"
Sebetulnya, ikut asuransi kesehatan berarti melindungi diri jika suatu saat jatuh sakit,"

Teliti sebelum memilih

Boleh dibilang, setiap karyawan telah ikut program asuransi kesehatan. Pegawai Negeri Sipil (PNS), misalnya, secara otomatis diikutsertakan dalam program jaminan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, yakni PT ASKES. Sementara itu, jaminan kesehatan karyawan perusahaan swasta ditanggungkan dalam program Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang saat ini dikenal dengan istiah BPJS atau perusahaan asuransi kesehatan pilihan perusahaan yang bersangkutan.

Tapi, bagaimana nasib anggota keluarga lain yang tidak dijamin oleh asuransi kesehatan perusahaan tadi?
Sebaiknya, anggota keluarga yang tidak dijamin asuransi kesehatan perusahaan diikutsertakan dalam program asuransi kesehatan lain. Pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Tentu saja, Anda jangan asal saja ikut asuransi, Setelah dipelajari secara mendalam asuransi yang memberikan nilai tambah plus nilai Tabungan dapat diwambil sewaktu-waktu atau berjangka (Untuk Dana Pendidikan, Dana Pensiun, dana darurat dll).

Tentu lamanya perusahaan asuransi berdiri dan bagaimana pihak asuransi menangani anggota-anggotanya, harus jadi pertimbangan.

Cuma itu? Tidak juga.
Sebenarnya, ada beberapa ‘kunci' yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih asuransi.
"Mintalah informasi sejelas-jelasnya dari pihak asuransi"
Biasanya, dari informasi yang diperoleh, Anda juga akan mendapat gambaran ‘kekuatan' modal perusahaan asuransi tersebut. 
Selain pertimbangan itu, yang terpenting adalah pilihlah paket yang benar-benar sesuai dan dibutuhkan keluarga Anda!

Berikut ada cycle of life setiap manusia :

  • 1 s/d 6 -> bermain-main,
  • 6 s/d 25 -> belajar,
  • 25 s/d 55 -> bekerja ( menghasilkan income ) atau disebut juga masa produktif,
  • 55 s/d 99 -> Hari tua ( Pensiun )

Tetapi tidak ada yang menjamin selama usia 25 tahun s/d usia 55 tahun kita bisa selalu tetap sehat dan bekerja. Suatu ketika kita bisa berhenti kerja dengan alasan-alasan tertentu.

  • Ketika kita tidak bekerja, Apakah Kita berhenti Belanja ??
  • Apakah Listrik Menjadi Gratis ?
  • Apakah Anak Harus Berhenti Sekolah ?
  • Apakah Keluarga Tidak Perlu Makan ?
  • Bahkan Ketika Seseorang Meninggal Masih Diperlukan Biaya ?
  • Apa Yang Akan dilakukan ?

Pilihannya Ada 3 :

  1. Income < Expense : Stress Karena Harus Gali Lubang Tutup Lubang.
  2. Income = Expense : Terancam Kerja Keras Terus Karena Semuanya Serba Pas.
  3. Income > Expense : Masa Depan Yang Cerah Untuk Keluarga Tercinta.

Mana Yang Akan Kita Pilih ? 
Tentunya Pilihan No. 3. 

Berikut Sedikit Gambaran untuk Bapak / Ibu / Sdr / Sdri. 
Contoh : 
Bp. ABC ingin menabung 2juta Setiap Bulannya. 
Ada 3 Alternatif Menabung Yang Dapat Dipilih, Yaitu : 

  • Alternatif 1 : Menabung di Rekening Biasa Jika terjadi sesuatu pada Bp. ABC di bulan ke-4, contoh : dia sakit kritis (Jantung, Kanker, Stroke, Koma, Dll) dan dokter minta disediakan uang Rp.300jt, apakah rekening biasa tersebut dapat memberikan uang sejumlah Rp. 300jt ?? (Sedangkan Saldo Bp. ABC baru berjumlah Rp. 6jt) 
  • Alternatif 2 : Menabung di Rekening Biasa & Asuransi Jika kejadiannya sama seperti diatas, maka Asuransi akan memberikan uang Rp. 300jt (Langsung) pada Bp. ABC untuk berobat. Tetapi apakah masalah Bp. ABC selesai ?? Bagaimana dengan nasib tabungannya yang akan digunakan untuk dana pendidikan anak-anak dan dana pensiun ? Dapatkan Bp. ABC yang sedang sakit bekerja secara optimal dan meneruskan tabungannya ? Apakah Listrik dan Telp Menjadi Gratis ? 
  • Alternatif 3 : Menabung dengan 2 in 1 HOKI Jika kejadiannya sama seperti diatas, Bp. ABC akan diberikan uang Rp. 300jt untuk berobat dan selanjutnya Bp. ABC tidak perlu menabung lagi karena tabungannya otomatis akan terisi terus-menerus (Setiap bulannya Rp. 2jt) sampai dia berumur 65 tahun dan dana yang ada ditabungannya dapat digunakan untuk dana pendidikan anak-anak, dana pensiun dan Masa Depan Yang Lebih Baik. Kelebihan menabung di 2 in 1 Hoki, perusahaan akan memberikan dana darurat kepada Bp. ABC sampai dia berumur 65 tahun jika terjadi : Sakit Kritis (34 Jenis Sakit Kritis seperti Jantung, Kanker, Stroke, Koma, Parkinson, Dll) Cacat karena sakit atau kecelakaan.

Sakit yang mengharuskan dia masuk ke Rumah Sakit.
Jika Bp. ABC meninggal di bawah usia 99 tahun, keluarganya juga mendapatkan sejumlah dana.
Menurut Bapak / Ibu / Sdr / Sdri, alternative menabung mana yang paling baik dipilih ? 
Banyak orang yang belum tahu adanya alternative menabung di 2 in 1 Hoki.

Jangan tunda untuk memikirkan ini. Selagi masih muda dan punya kemampuan segeralah untuk memulai rencana pensiun Anda. Selamat Merencanakan Keuangan Anda
Artikel yang terkait dengan Asuransi:
mari kita Sayangi dan Cintai keluarga kita dan pastikan salah satu bukti cinta kita dengan ikut Asuransi

Info lebih lanjut klik >> di-SINI

Mari bangun ekonomi keluarga dengan perencanaan dan perlindungan 
Prudential - Always Listening-Alwas Understanding
Untuk info dan konsultasi mengenai asuransi yang tepat buat anda lebih lanjut silahkan hubungi kami di CONTACT USSemoga anda dapat menarik manfaat dari tulisan ini tentang Pensiun dari Sekarang, mari persiapkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar