Sabtu, 28 Februari 2015

Kapan Waktu yang Tepat Mulai Investasi?

Kapan Waktu yang Tepat Mulai Investasi?

Makan di restoran mahal, bebas jalan-jalan, gadget terbaru, serta konser musik artis kesukaan. Saat kita masih bisa bekerja dan memperoleh pendapatan yang cukup, semua kebutuhan tersier tersebut mungkin bisa didapatkan dengan mudah. 
Tapi bagaimana dengan saat Anda sudah pensiun nanti?

Mempersiapkan masa depan cerah harus dilakukan sejak muda. Salah-salah Anda tidak punya jaring pengaman ketika masa pensiun semakin dekat atau ketika membutuhkan uang dalam jumlah besar secara tiba-tiba. Salah satu cara untuk menyiapkan masa depan yang cerah adalah dengan investasi yang membutuhkan waktu cukup lama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lebih dari 5-10 tahun.


Salah satu contoh bisa Anda lihat dari sosok Damon Williams. Ia membeli saham Nike di usia 5 tahun dan pada saat usia 14 tahun, Williams telah mendapatkan sekitar $50,000. Dia lebih memilih untuk membeli saham dan menyimpannya dalam jangka panjang berdasarkan potensi pertumbuhan nilai saham tersebut. Tapi dia pun membekali dirinya dengan pengetahuan yang cukup mendalam mengenai saham, sehingga saat ini dia menjadi investor muda yang dikenal oleh kalangan Wall Street.

Ini bukan berarti Anda harus mulai berinvestasi sejak umur 5 tahun, lho. Pada usia 20-an ketika Anda baru mulai bekerja, baik bekerja tetap ataupun magang, pun sudah bisa jadi awal yang baik. Jenis investasi yang Anda pilih pun tidak harus berupa saham. Tapi yang penting adalah memulainya sedini mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Beberapa tips berinvestasi pada usia 20-an di antaranya adalah:

Sisihkan Uang Sedini Mungkin

Pendapatan Anda sebagai fresh graduate atau anak magang memang belum besar. Tapi faktor penting dari investasi adalah waktu. Walaupun hanya 5-10% dari gaji Anda yang bisa Anda sisihkan untuk investasi, jumlah itu akan berkembang menjadi besar dalam jangka panjang. Selain itu, semakin lama Anda berinvestasi, maka investasi Anda pun akan semakin kuat menghadapi fluktuasi pasar. Jadi, mulailah berinvestasi segera setelah Anda mampu.

Sehatkan Kondisi Keuangan Anda

Selain berinvestasi, mapankan juga kondisi keuangan Anda dengan cara menyiapkan dana darurat dan melunasi hutang berbunga besar seperti hutang kartu kredit. Hasil yang Anda dapat dari investasi bisa jadi tak berguna kalau Anda masih memiliki hutang berbunga yang harus dilunasi.

Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Investasi

Baca buku dan cari informasi terbaru mengenai berbagai jenis investasi, terutama jenis investasi yang Anda pilih. Hasil yang maksimal tentu akan lebih mudah didapat kalau Anda mengerti seluk beluk investasi Anda, termasuk langkah yang harus diambil kalau ada resiko kerugian.

Yang pasti, terlambat memulai masih lebih baik dibandingkan tidak memulai sama sekali. Jangan putus asa kalau Anda belum memiliki investasi apapun walaupun umur 30 sudah Anda lewati. Mulailah berinvestasi segera untuk masa depan Anda dan keluarga Anda. Kalau Anda masih berusia 20-an tahun, jangan tunda-tunda lagi dan mulailah berinvestasi!
baca juga:


Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami via CONTACT US
demikian sekilas tentang Kapan Waktu yang Tepat Mulai Investasi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar